CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 07 September 2013

sumber arus listrik

SUMBER ARUS LISTRIK

 

A.   JENIS SUMBER ARUS LISTRIK
Jenis-jenis sumber arus listrik, yaitu :
1.    Sumber arus searah (DC), yaitu sumber arus yang aliran listriknya hanya satu arah/searah. Contohnya : baterai/elemen kering, aki, elemen volta, elemen daniel, elemen Lechlance.
2.    Sumber arus bolak-balik (AC), yaitu sumber arus yang aliran listriknya bervariasi dengan waktu. Contohnya : generator, dinamo, PLTA, PLTU, dan PLTN.

B.   ELEMEN LISTRIK PRIMER
Elemen primer merupakan elemen listrik yang tidak dapat diisi ulang setelah digunakan. Beberapa contoh elemen primer :
1.    Elemen Volta, yang kutub positif/anodanya menggunakan tembaga (Cu) dan kutub negatif/katodanya seng (Zn), serta larutan elektrolit yang dipakai adalah asam sulfat (H2SO4).
2.    Elemen kering/baterai, elemen yang anodanya menggunakan karbon dan katodanya seng. Menggunakan dipolaritasor mangan dioksida (MnO2) dicampur serbuk karbon.
3.    Elemen Lechlance, elemen yang anodanya menggunakan karbon (C) dan katodanya seng. Larutan elektrolit yang digunakan amonium klorida (NH4Cl), dan sebagai depolarisator adalah MnO2.
4.    Elemen Daniel, elemen yang anodanya berupasilinder tembaga dalam larutan CuSO4 dan katodanya berupa seng dalam larutan ZnSO4.

C.   ELEMEN LISTRIK SEKUNDER
Elemen sekunder merupakan elemen listrik yang daoat diisi ulang setelah digunakan. Berikut beberapa contoh elemen sekunder :
1.    Aki (akumulator), pada aki kutub anoda menggunakan timbal dioksida (PbO2) barpori dan pada katoda menggunakan timbal (Pb) berpori, serta larutan elektrolitnya adalah H2SO4.
2.    Baterai isi ulang, antara lain : Baterai Nikel-Kadmium, Baterai Nikel Metal Hidrat, Baterai Lithium-lon.

D.   RANGKAIAN ELEMEN LISTRIK
1.    Rangkaian seri elemen listrik
2.    Rangkaian paralel elemen listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar